Jarang disadari, meski cuma dipakai sekian detik, kuas makeup bisa jadi sarang kuman dan bakteri lho, Moms! Ini karena, sisa-sisa bedak atau makeup akan menempel, dan menumpuk dari waktu ke waktu. 

Ditambah lagi, ada sisa kotoran wajah, minyak/ keringat (sebum), sel kulit mati, atau debu yang bisa saja bikin kuas makeup terkontaminasi. Ihh.. ga bisa bayangin ya, seberapa banyak jutaan atau bahkan milyaran kuman yang menempel di permukaan kuas. 

Inilah kenapa wanita sangat direkomendasikan buat bersihin kuas makeup minimal 1-2x seminggu. Kalau tidak, inilah beberapa risikonya:

 

1. JERAWAT

Udah rajin cuci muka, tapi kok masih muncul jerawat, ya? Jangan heran, kalau sampai lupa membersihkan peralatan makeup seperti kuas, kondisi kulit juga bisa terpapar bakteri penyebab jerawat. 

Bila ada pori-pori kulit yang terbuka atau mungkin luka, bakteri pada permukaan kuas bisa menyebabkan infeksi dan jerawat. 

 

 

2. Iritasi Kulit

Bulu-bulu pada kuas makeup bisa menjadi kaku dan kering, yang membuat kulit luka. Pada saat memulaskan makeup, kuas akan bersifat abrasif yang bikin tekstur kulit juga kasar dan kusam. 

Maka itu, Moms, dianjurkan membersihkan kuas secara teratur. Agar kulit kita tetap lembut, kenyal, dan memulaskan makeup dengan sempurna. 

 

3. Herpes dan Pink Eye

Peralatan kosmetik seperti kuas bibir atau stick maskara  selalu dalam kondisi gelap dan lembab di dalam wadahnya. Nah, di lingkungan seperti itu kuman dan bakteri herpes dan pink eye bisa berkembang biak dengan mudah. 

Tapi, gak perlu panik, Moms. Kita bisa membersihkan kuas bibir atau stick maskara dengan semprotan alkohol atau etanol yang bisa dibeli di apotik. 

 

Selain itu, jangan pernah berbagi kuas atau peralatan kosmetik dengan orang lain agar terhindar dari penularan kuman atau bakteri, ya. Selalu cantik dan sehat, Moms!