Beberapa tahun terakhir, sering banget denger istilah “mindful” atau “mindfulness”. Sebenarnya, apa sih mindful itu? Terus, gimana ya moms, biar bisa mindful? 

Moms, kadang gak sadar kita mudah melepaskan emosi ke anak-anak atau pasangan. Teriakan, cubitan, atau bahkan pukulan, bisa mengartikan kamu sedang burnout atau stres.  

Sikap impulsif dan berpikir pendek seperti ini, perlu “di-rem” biar gak kebablasan. Yang bisa dilakukan adalah melatih diri biar makin mindfull dan berpikir lebih hati-hati. 

Gimana caranya? Let’s find out!

 

1. Jangan biarkan situasi tak terkendali. 

Moms, sekarang saatnya lebih fokus pada pikiran diri sendiri yang positif. Kadang, sulit membuat keputusan pas kita sedang emosi atau marah. 

Kalau kamu merasa butuh waktu buat nenangin diri, it’s okay! Take your time dan tunggu pikiran kembali jernih sebelum membuat keputusan. 

 

2. Buatlah rencana kesuksesan. 

Selanjutnya, kita perlu menulis rencana yang selama ini pengen dilakukan. Saat kecewa atau terpuruk, mungkin Moms merasa sedih dan gagal. Tetapi, perlu diingat, orang yang sukses memiliki visi yang kuat dan tidak mudah putus asa. 

Selama kamu masih mau berusaha, akan selalu ada jalan menuju kesuksesan. 

3. Maafkan dan ikhlaskan. 

Moms, hampir semua orang pasti pernah merasa tersakiti atau terdzalimi orag lain. Namun, kunci yang paling penting adalah berdamai dengan diri sendiri dulu. Barulah kita bisa memaafkan orang lain. 

Seperti ungkapan, “forgiven but not forgotten”, kamu mungkin masih belum bisa melupakan. Tapi, gak ada gunanya mengungkit-ungkit masalah lama. Teruslah bergerak maju dan jangan biarkan masa lalu menghambat perjalanan hidupmu, Moms.

 

Jangan lupa, terus bersyukur atas waktu yang kita jalani setiap hari. Masih bisa bangun esok adalah anugerah dan kesempatan sekali lagi untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi ketimbang hari ini. Good luck, Moms!