Betapa bangga dan bersyukur rasanya, dianugerahi seorang putra. Anak lelaki adalah calon pemimpin di masa depan. Bukan hanya pemimpin masyarakat, tetapi akan menjadi imam bagi rumah tangganya. 

Sayangnya, membesarkan anak laki-laki memang tidak sama dengan anak gadis ya, Moms. Anak lelaki terkadang cenderung cuek, pemberontak, dan tidak sepatuh anak gadis. 

Nah, nilai apa aja sih yang perlu ditanamkan pada anak lelaki kita? Perhatikan hal-hal berikut!

 

1. Mengajarkan life skill. 

Moms, ada beberapa skill yang mungkin tidak diajarkan di bangku sekolah, yaitu life skill. Sampai kapan kita sebagai ibunya akan menyetrika pakaiannya? Mencuci bajunya? Atau mengikatkan tali sepatunya yang lepas? 

Bukankah, suatu saat anak lelaki kita juga akan hidup mandiri? Karena itu, ajarkan ia life skill seperti memasak, mencuci pakaian, membersihkan kamar mandi, dan mengatur rumah. 

Pada awalnya, anak cowok mungkin akan kesal dan menolak. Tetapi, dijamin suatu saat, jika ia sudah dewasa. Ia akan sangat berterima kasih ketika ia sudah hidup mandiri. 

 

 

2. Cara menangani emosi. 

Orang bilang, wajar kalau anak lelaki berkelahi dengan temannya ya, Moms. Eitss… tapi, lihat dulu kondisinya. 

Akan jadi, gak wajar kalau anak lelaki kita memukul teman, cuma karena temannya melotot ke arahnya, menginjak sepatunya, atau hal sepele lainnya. 

So, sangat penting mengajari putra kita cara penanganan emosi yang baik. Marah boleh aja, tetapi bukan dengan memukul atau kekerasan, apalagi pada teman wanita. 

Berikan contoh emosi yang sehat, agar putra kita punya gambaran tanpa harus menjelaskan panjang lebar. Bahkan, anak lelaki itu boleh saja sesekali menangis, karena itu sama sehatnya seperti tertawa. 

3. Menjadi diri sendiri. 

Anak lelaki suka main sepak bola? Wajar. Tetapi, putramu lebih suka desain baju atau baca novel? Why not! 

Kita ga akan bisa mendorong passion anak, kalau menghalangi apa yang ia sukai. Terlebih lagi, memaksa anak untuk main sepak bola atau melakukan hal yang tidak dia suka, hanya akan membuatnya tidak nyaman. 

Sebaliknya, justru dorong putramu agar bisa tumbuh sesuai passion dan menjadi dirinya sendiri. 

 

Satu lagi, Moms. Jangan lupa untuk mengajarkan soal kebersihan pribadi pada anak cowo. Mengingat, masa puber akan membuatnya sering berkeringat dan terkadang bau badan. Setuju, Moms?