Emak-emak pengen punya penghasilan tapi masih bingung model bisnis yang cocok dikalangan itu seperti apa.

Panik nggak? Panik nggak? Paniklah masa enggak.

Btw virus tiktok udah nyebar dikalangan emak-emak belum nih? Ehehehe. Skip ya mam, anyways kita nggak bakal ngebahas tentangg tiktok.

Karena kali ini mimin menghadirkan artikel yang bakal menjawab kepanikan emak-emak yang masih bingung apa aja sih model bisnis yang cucok meong buat kalangan emak-emak.

Oke tapi mom udah tau belum nih apa sebenernya pengertian dari bisnis model itu sendiri? Jadi, secara singkatnya:

bisnis model adalah konsep dasar dalam mengoperasikan sebuauh bisnis baik secara internal dan eksternal.

  • Internal : bisnis model yang mana menentukan bagaimana rintisan bisnisnya nanti bisa terus memiliki perkembangan yang signifikan, serta pengelolaan finansial yang baik
  • Eksternal : bisnis model dengan membantu menentukan value apa yang diberikan pada konsumen, dan bagaimana cara memperoleh laba dari bisnis yang dirintis tersebut.

Nah, udah tercerahkan sedikit ya mom. Jadi sebenernya rahasia para emak-emak entrepreneur yang sukses dan bisa tajir melintir itu juga karena perencanaan bisnis model yang matang mom.

Gimana? Tertarik, bukan?

Dengan menentukan bisnis model yang tepat, bisnis yang Mom rintis pasti akan mudah dalam mewujudkan visi misinya dan bisa menganalisis konsumen mana yang menjadi target bisnis mom sekalian.

Biar lebih gamblangnya, berikut 5 bisnis model yang cocok dikalangan emak-emak yang wajib mom kenali. Yuk mom rapatkan barisan ehehe.

1. E-Commerce

Bisnis model yang satu ini adalah bisnis yang mana dilakukannya secara online ya mom. Istilahnya membangun toko online. Jadi, mom bisa memiliki nama toko sendiri yang bisa diakses konsumen secara online.

Bisnis model ini sudah sangat ramai digunakan lho mom, gimana mom? Bukankah ini juga cukup menjanjikan untuk menjadi pilihan bisnis modelnya mom? Btw mimin juga udah bagikan artikel terkait rekomendasi platform e-commerce yang bisa mom cek di artikel sebelumnya ya mom.

2. Dropship

Bisnis model dengan tanpa membutuhkan modal sepeserpun mom. Ini cukup menggiurkan memang, tapi disisi lain bisnis model dropship ini juga memiliki keuntungan yang relative minim mom, hal ini karena mom menjualkan produk dari seorang supplier, tapi yang mengirimkan paket produk itu juga langsung dari suppliernya mom.

Dan ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi marketplace yang biasa mom gunakan.

3. marketplace

Shopee, Bukalapak, Tokopedia mungkin udah nggak asing lagi dikalangan emak-emak  jaman now ya kan mom? Dari ketiga contoh diatas itu adalah salah satu marketplace yang memiliki banyak user/pengguna sehingga di Indonesia sendiri udah cukup booming ya mom.

Nah, marketplace juga merupakan bisnis model yang memiliki persaingan ketat dan laba minim mom, karena disinilah semua orang membuat lapak dan menjualkan produknya secara online.

4. Agency

Bisnis model ini sebenarnya hampir sama kayak freelance mom. Jadi, misalkan emak-emak  memiliki keahlian dalam 1 bidang misalkan menulis blog, artikel, dll, mom bisa menerima orderan klien dalam pembuatan proyek/pengerjaan khusus.

5. brick and mortar

Dari 4 poin diatas, kita udah bahas bisnis model dengan pengerjaan secara online. Nah sekarang poin terakhir adalah bisnis model yang dilakukan secara offline, yaa seperti halnya membuka toko biasa pada umumnya ya mom. Contohnya seperti warung, toko kelontong, pertamini, dll.

Itulah 5 deretan bisnis model yang cocok bagi emak-emak. Intinya manfaatkan peluang yang ada ya mom.

Selamat mencoba!

Pastikan betul dalam memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat mom sekalian

Dwi Rahmawati

Contributor, Smart Mom Community