Pasti Moms seneng dong, kalau anak bisa “cas cis cus” alias lancar ngomong bahasa Inggris? Ternyata, bukan cuma membantu di sekolah, anak dengan kemampuan berbahasa asing atau bilingual juga banyak manfaatnya, lho!

Itulah sebabnya, banyak orangtua yang kemudian mengikutkan les bahasa atau kursus bahasa asing, agar meningkatkan peluang kesuksesan karir buah hati. 

Lalu, pentingkah belajar bahasa asing untuk anak? Jawabannya, PENTING banget, Moms! Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh: 

 

 

1. Mendorong Empati.

Anak-anak yang dibesarkan dengan setidaknya dua bahasa, bisa memiliki kemampuan sosial yang lebih besar. Hal ini diungkap oleh Dr. Oren Boxer, Ph.D., neuropsikolog, dan penasihat di platform BumoBrain. 

Mereka lebih memahami pikiran atau maksud orang lain, ketimbang anak monolingual. Entah itu, dengan mendeteksi intonasi, ritme bicara, atau nada suara orang lain. 

 

2. Meningkatkan Fungsi Otak.

Menjadi bilingual baik untuk perkembangan otak anak. Mereka jadi lebih mudah berkonsentrasi, multitasking, bahkan dalam pemecahan masalah. 

Dimulai sejak bayi, anak yang bilingual telah menunjukkan fungsi kognitif lebih bagus ketimbang anak monolingual. Hal ini dibuktikan dalam penelitian “Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States Amerika”, pada 2009.

 

3. Keunggulan Akademik.

Anak-anak bilingual juga dikatakan para ahli lebih pintar di sekolah. Penelitian menunjukkan ketika seorang anak belajar bahasa kedua. Mereka menunjukkan kemajuan yang lebih cepat ketika belajar membaca dibandingkan anak monolingual. 

Dilihat dari nilai ujian, juga lebih tinggi dan siswa yang belajar bahasa asing dalam jangka panjang memiliki dasar yang kuat untuk belajar bahasa-bahasa baru lainnya. 

 

Jadi, kalau Moms ingin buah hati berkarir profesional atau bahkan internasional, jangan ragu untuk mengajarkan bahasa asing, ya.