Lagi cari ide untuk bikin usaha rumahan sendiri, Moms? Sebagai solopreneur, mungkin Moms merasa banyak kendala yang dihadapi. Semua komitmen membutuhkan waktu dan dedikasi agar bisa sukses. 

Apalagi, solopreneur biasanya berjuang dari nol secara mandiri agar bisa berkembang. Nah, agar bisa cepat beradaptasi dengan perubahan dan sukses membangun usaha rumahan, baca terus tips-tips di bawah ini, Moms!

 

 

1. Pekerja lepas. 

Gak bisa dipungkiri, seiring perkembangan teknologi internet, semakin banyak orang yang memilih bekerja lepas atau freelance. Misalnya, seperti fotografi, videografi, desain gambar, penulisan, pemrograman website, bahkan makeup artist. 

Apa nih skill yang paling Moms kuasai? Suka menulis cerita pendek? Jahit pakaian? Makeup artist? Atau, mungkin fotografi? Kalau ada skill khusus yang Moms miliki, ayo gunakan skill tersebut untuk membuka usaha rumahan sebagai solopreneur. 

Gak cuma dapat penghasilan tambahan, Moms juga punya waktu kerja yang fleksibel sebagai pekerja lepas. Caranya, bikin portofolio yang keren, lalu unggah ke platform pekerja lepas. Yakinkan klien dengan portofolio tersebut, agar bisa bekerja sama. 

 

 

2. Bisnis kuliner/ katering rumahan. 

Masih memanfaatkan aplikasi delivery makanan, Moms bisa membuka jasa katering atau bisnis kuliner. Udah banyak nih Moms, contoh-contoh wanita inspiratif lainnya yang jadi mompreneur dengan membuka bisnis rumahan seperti bikin kue, katering sehat, sampai bikin camilan, sambal, dan lainnya. 

Promosikan bisnis kuliner ini lewat akun medsos atau aplikasi delivery makanan dan marketplace tanah air. Kalau ada pelanggan yang tertarik, mereka bisa coba tester dulu atau pesan via online. 

Lagipula, semua orang suka makanan, kan? Oleh karena itu, berbisnis di bidang kuliner, peluangnya sangat besar dan potensial. 

 

 

3. Les bahasa Inggris atau tutor online. 

Usaha rumahan lainnya yang patut dicoba adalah menjadi tutor bimbingan belajar online. Seperti yang diketahui, saat ini anak-anak banyak yang kesulitan belajar secara hybrid, yaitu kombinasi belajar online dan offline (tatap muka). 

Penjelasan guru di sekolah, mungkin gak terlalu dipahami. Sehingga, peluang sebagai tutor online akan sangat diminati. Terutama, bagi para orangtua yang mungkin juga sibuk dan gak bisa temani anaknya belajar di rumah. 

Agar koneksi atau sambungan internet stabil dan lancar, pastika WiFi atau kuota data memadai. Hal ini adalah modal untuk mengajar anak-anak via aplikasi seperti Google Meet atau Zoom. 




Kira-kira, mau buka usaha rumahan yang mana nih, Moms? Semoga ide-ide di atas bisa menambah inspirasi dan semangat untuk meraih penghasilan ekstra tanpa keluar rumah, ya. Sukses selalu, Moms!