Moms, bayangkan betapa senangnya, jika anak bisa mandiri dan rajin membantu tugas rumah tangga. Seperti mencuci piring makannya sendiri, mengepel tumpahan, atau ikut bantu menyapu halaman, semuanya dilakukan sendiri tanpa diminta orangtua? 

Inisiatif ini tidak muncul seketika. Kuncinya adalah melatih anak dengan tugas rumah tangga sejak dini. Anak berusia 2-3 tahun, bisa mulai dilatih untuk membantu tugas rumah tangga yang sederhana. Lanjutkan membaca untuk memahami trik untuk melatih anak berikut:

 

 

1. Buat jadwal. 

Pastikan anak-anak tahu apa saja sih, tugas yang harus diselesaikan. Misalnya, buat daftar tugas yang perlu dilakukan setiap minggu. Jadi, anak-anak bisa mengatur sendiri waktu dan penyelesaiannya. 

Dengan jadwal ini, harapannya anak-anak belajar tanggung jawab dan gak menumpuk terlalu banyak tugas sekaligus. 

Biarkan anak memilih sendiri mau melakukan tugas yang mana dulu. Contohnya: membantu ibu melipat baju, menyapu/ menyedot debu, merapikan tempat tidur, mencabut rumput liar di halaman, dan lainnya. 

Pastikan juga anak-anak tahu bahwa tugas yang dikerjakan adalah untuk kepentingan bersama keluarga. Bukan hanya pakaiannya sendiri atau kepentingannya sendiri. 

 

 

2. Secara bertahap menuju kemandirian. 

Anak-anak kadang juga butuh bimbingan dan gak satu kali langsung mahir. Pertama kali menyelesaikan tugas melipat baju, mungkin tidak serapi hasil Moms. Yang terpenting, anak sudah mau mencoba dan terus dilakukan berulang. 

Practice makes perfect! Jadi, nantinya Moms gak perlu lagi mengawasi anak-anak saat menyelesaikan tugasnya. 

 

 

3. Berikan motivasi positif. 

Nah, ketika anak-anak bisa menyelesaikan tugasnya dengan benar, tunjukkan motivasi yang positif. Misalnya, berikan hadiah seperti tambahan waktu main games, atau dapat es krim kesukaannya. 

 

Oiya Moms, sampaikan juga pada anak-anak bahwa kebersihan itu menjauhkan kita dari penyakit. Jadi, kalau rumahnya bersih dan rapi, mereka juga bisa hidup nyaman dan gembira. Selamat mencoba!