Menemukan passion di usia yang masih muda bisa dibilang adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan baik. Apalagi kalau udah menemukan passion sejak di bangku kuliah, maka setelah lulus kuliah kita sudah siap dengan rencana-rencana yang akan dilakukan, pekerjaan apa yang sesuai, bahkan strategi dalam mencapainya. Nah, untuk kamu yang belum menemukan passion meski sudah berusia yang bisa dibilang nggak muda lagi, jangan berkecil hati ya. 

Passion adalah pencarian seumur hidup yang prosesnya amat panjang bahkan tidak terduga waktu datangnya. Maka, tidak menyerah menemukan hal yang menjadi passion masih harus terus kita lakukan. Gimana caranya dong?

Simak yuk beberapa cara menemukan passion berikut ini

1. Analisis aktivitas kita sehari-hari

Passion bisa berasal darimana saja, bisa dari hobi, rutinitas sehari-hari, hingga addiction pada suatu hal tertentu. Misalnya seorang perajut, berawal dari hobi yang ditekuni dan dilakukan setiap hari. Awal mula hasil rajutan hanya diberikan pada orang terkasih, lama-kelamaan mulai ada pembeli yang berminat. Kemudian si perajut ini mulai addict pada kegiatan ini, mengulik lebih jauh tentang teknik, mengivestasikan uang untuk membeli alat dan bahan yang bagus, dan menghasilkan uang dari usaha-usaha tadi, inilah yang disebut passion

2. Lakukan Terus Menerus 

Tidak cukup hanya dengan menginvestasikan sejumlah uang, menemukan passion juga perlu disertai dengan investasi waktu. Waktu di sini merujuk pada waktu yang kita gunakan untuk memperdalam ilmu seputar passion yang kita miliki, waktu yang kita habiskan untuk berlatih hingga mencapai level kemampuan tertentu dan menaklukkan berbagai tantangan. Lakukan terus menerus sampai Moms benar-benar yakin inilah pasion yang kamu miliki. Inilah yang disebut dengan konsistensi.

3. Dengar Pendapat Orang Lain 

Dalam perjalanan menjadi orang yang sukses kita tidak akan terlepas dari dukungan orang-orang di sekitar kita. Maka, apresiasi dukungan tersebut dengan mendengar pendapatnya. Minta pendapat orang terdekat apakah “You good at it or not”, misalnya cerita tentang perajut di point sebelumnya. Saat hasil rajutanmu dipuji orang lain hingga orang itu bilang kalau Moms melakukannya dengan baik atau Moms berbakat, maka bisa jadi merajut adalah passionmu. 

 

Moms, bekerja sesuai passion adalah impian banyak orang, dan bagi kamu yang sudah mencapainya bersyukurlah. Bagi Moms yang bekerja belum sesuai passion, tetaplah semangat dengan mengingat motivasi utama mu melakukan pekerjaan hingga titik yang sudah kamu capai saat ini. Misalnya, bekerja untuk membiayai sekolah dan kebutuhan untuk menciptakan privilege pada anak dalam mencapai cita-citanya. Itu sangat mulia loh!